Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik Materi Listrik Statis kelas XII SMA/MA

KRIYANTO, BANGUN (2018) Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik Materi Listrik Statis kelas XII SMA/MA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Bangun Kriyanto, 2017. Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik Materi Listrik Statis untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. TESIS. Pembimbing I: Prof.Dra. Suparmi, M.A., Ph.D., Pembimbing II: Dr. Sarwanto, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) kelayakan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik pada materi listrik statis; (2) efektivitas modul fisika dengan pendekatan saintifik pada materi listrik statis terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang dilaksanakan dari bulan Februari 2017 hingga Mei 2017. Kelayakan media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, validasi guru, dan validasi teman sejawat. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 2 Purwokerto tahun akademik 2016/2017 sebanyak 40 siswa dengan rincian 10 siswa sebagai subjek uji coba terbatas dan 30 siswa sebagai subjek uji coba pemakaian. Modul disebarkan pada guru-guru fisika SMA. Data hasil penelitian berupa nilai validasi modul oleh ahli, guru dan teman sejawat, respon keterbacaan siswa, nilai tes prestasi, respon siswa, dan respon guru. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan (1) modul fisika dengan pendekatan saintifik materi elastisitas untuk siswa kelas XII SMA/MA yang dikembangkan dinyatakan layak dengan kategori sangat baik yaitu dengan nilai hasil validasi ahli 458, nilai hasil validasi guru 693, nilai hasil validasi teman sejawat 229. Respon siswa pada uji coba kecil memperoleh 84% dengan kategori sangat baik. respon siswa setelah uji besar 86% kategori sangat baik dan respon guru SMA sebesar 94% kategori sangat baik; (2) modul fisika hasil produk pengembangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari skor rata-rata pretest 30 dan posttest 63,67 dengan nilai gain 34 dan gain ternormalisasi sebesar 0,38 yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan pada kategori sedang. Sehingga pembelajaran melalui modul fisika dengan pendekatan siantifik mendapat respon positif dalam pembelajaran dan dapat memberikan motivasi belajar siswa serta sebagai tolak ukur bahwa siswa merasa senang dengan produk yang dikembangkan. Kata kunci: Modul Fisika, Saintifik, Listrik Statis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Dec 2018 00:02
    Last Modified: 09 Dec 2018 00:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42477

    Actions (login required)

    View Item