pengembangan modul fisika dengan pendekatan sains, teknologi, dan masyarakat materi kalor untuk siswa SMA/MA

HAMSAH, ANNISA NURRUL (2018) pengembangan modul fisika dengan pendekatan sains, teknologi, dan masyarakat materi kalor untuk siswa SMA/MA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik modul pembelajaran fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat yang layak untuk siswa SMA/MA pada materi kalor; (2) kelayakan modul pembelajaran fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi kalor; (3) efektivitas modul fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat pada materi kalor terhadap hasil belajar di MAN Takeran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang dilaksanakan dari bulan Januari 2017 hingga Mei 2017. Kelayakan media divalidasi oleh ahli materi dan validasi guru. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Takeran tahun akademik 2016/2017 sebanyak 38 siswa dengan rincian 15 siswa sebagai subjek uji coba terbatas dan 23 siswa sebagai subjek uji coba pemakaian. Data hasil penelitian berupa nilai validasi modul oleh ahli, guru, teman sejawat, respon keterbacaan siswa, nilai tes prestasi, dan respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan: (1) modul fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat adalah media belajar yang disusun secara sistematis terdiri dari petunjuk belajar, peristiwa sehari-hari, pembentukan konsep melalui praktikum, aplikasi konsep dalam teknologi yang digunakan masyarakat, uraian materi, dan tes formatif pilihan ganda, disusun dengan kalimat yang komunikatif, memberi pemahaman mengenai peranan kalor dalam kehidupan sehari-hari; (2) modul fisika dengan pendekatan sains teknologi masyarakat materi kalor untuk siswa kelas XI SMA/MA yang dikembangkan dinyatakan layak dengan kategori baik olewh ahli dengan nilai prosentase hasil validasi 75,8%, sangat baik oleh guru dengan prosentase nilai hasil validasi guru 83,4%, sangat baik oleh peer-review dengan prosentase nilai validasi 88%. Respon siswa pada uji coba kecil memperoleh 85% dengan kategori sangat baik. respon siswa setelah uji besar 90% kategori sangat baik (3) modul fisika hasil produk pengembangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar ditinjau dari skor rata-rata pretest 34 dan posttest 64 dengan nilai gain 29 dan gain ternormalisasi sebesar 0,29 yang menunjukkan siswa mengalami peningkatan pada kategori rendah. Sehingga pembelajaran dengan modul pendekatan sains teknologi masyarakat mendapat respon positif dalam pembelajaran dan dapat memberikan motivasi belajar siswa serta sebagai tolak ukur bahwa siswa merasa senang dengan produk yang dikembangkan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 23:46
    Last Modified: 08 Dec 2018 23:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42476

    Actions (login required)

    View Item