Metode Gardening Project untuk Menstimulus Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di TK Widya Putra Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018

Puspaningrum, Riska (2018) Metode Gardening Project untuk Menstimulus Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di TK Widya Putra Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (263Kb)

    Abstract

    Riska Puspaningrum. K8114057. Metode Gardening Project untuk Menstimulus Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Tindakan Kelas di TK Widya Putra Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode gardening project di Taman Kanak-kanak. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan metode gardening project dapat diterapkan pada Taman Kanak-kanan. Tahapan pelaksanaan metode gardening project meliputi: (1) tahap persiapan yaitu menyiapkan bahan ajar, alat dan bahan yang akan digunakan dalam kegiatan proyek, dan mengorganisasiakan kelompok. (2) Tahap pelaksanaan dilakukan setelah anak memahami tugas-tugas yang diberikan oleh guru pada setiap kelompok. Sehingga anak dapat membuat proyek dengan kelompoknya. (3) Tahap penutup memiliki peran sebagai tahap penguat dalam kegiatan proyek, yaitu anak dapat mempresentasikan hasil proyek yang telah diselesaikan. Teman yang lain dapat memberikan pendapat mengenai hasil karya yang dipresentasikan dan memberikan reward. Manfaat penerapan metode gardening project diantaranya: (1) memberikan pelatihan anak untuk meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi dan kerjasama dengan teman satu kelompokknya.(2) Kepekaan terhadap tanaman dan lingkungan alam disekitar anak juga dapat meningkat, dimana anak dapat melakukan pembiasaan merawat tanaman disetiap harinya. Kata kunci: Gardening project, taman kanak-kanak, anak usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 16:06
    Last Modified: 08 Dec 2018 16:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42461

    Actions (login required)

    View Item