Persepsi Guru Produktif terhadap Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Keahlian Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Surakarta

D, SEKAR PARAMITA S (2018) Persepsi Guru Produktif terhadap Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Bidang Keahlian Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sekar Paramita Siska Dewi. K7414047. PERSEPSI GURU PRODUKTIF TERHADAP MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru produktif terhadap mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bidang keahlian akuntansi; (2) pengetahuan guru produktif terhadap mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bidang keahlian akuntansi; (3) rencana penyusunan perangkat pembelajaran mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bidang keahlian akuntansi; (4) kendala yang dihadapi dalam membuat rencana penyusunan perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan bidang keahlian akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Model analisis yang digunakan adalah analisis interaktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, dokumen atau arsip, gambar, rekaman, dan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi guru produktif terhadap mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan yaitu guru memiliki persepsi positif dengan berusaha melakukan perencanaan sesuai ketentuan dari Kurikulum 2013 Revisi. Peserta didik akan terlibat dalam pembuatan produk kreatif sesuai bidang keahlian akuntansi. Mata pelajaran ini akan diampu oleh guru produktif akuntansi yang memiliki jiwa kewirausahaan; (2) pengetahuan guru produktif terhadap mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan tentang pembuatan dan pemasaran produk yaitu guru sudah memiliki pemikiran bahwa produk yang dapat dihasilkan berupa jasa akuntansi dan pembuatan software. Produk tersebut dipasarkan secara online maupun offline kepada UMKM. Selain itu, pengetahuan guru tentang proses pembelajaran yaitu guru sudah memiliki pemikiran akan memberikan konsep kewirausahaan dan pendampingan pada saat pembuatan produk kreatif; (3) rencana penyusunan perangkat pembelajaran mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan belum dipersiapkan secara maksimal karena belum ada Surat Keputusan Mengajar; (4) kendala yang dihadapi dalam membuat rencana penyusunan perangkat pembelajaran yaitu pemahaman guru tentang materi mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan khusus untuk bidang keahlian akuntansi kurang baik, buku/modul untuk mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan belum tersedia, media pembelajaran belum dipersiapkan dan ketersediaan Laboratorium Akuntansi belum mendukung mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Kata kunci: Guru produktif akuntansi, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Bidang keahlian akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 16:09
    Last Modified: 08 Dec 2018 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42459

    Actions (login required)

    View Item