Pengembangan Model Persediaan Produk Pangan Terintegrasi untuk Mengurangi Risiko Penurunan Kualitas dan Produk Kadaluwarsa (Studi Kasus: PT So Good Food Manufacturing Boyolali)

Dania, Nindya Kirana (2018) Pengembangan Model Persediaan Produk Pangan Terintegrasi untuk Mengurangi Risiko Penurunan Kualitas dan Produk Kadaluwarsa (Studi Kasus: PT So Good Food Manufacturing Boyolali). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (22Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengembangkan model persediaan untuk produk pangan pada sistem persediaan terintegrasi. Persediaan dalam sistem ini mengalami penurunan kualitas secara eksponensial. Disamping pengembangan model, dilakukan evaluasi performansi model persediaan yang tidak hanya membandingkan dengan model sebelumnya namun juga membandingkan dengan kebijakan persediaan yang diterapkan oleh perusahaan. Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan model-model persediaan khususnya model persediaan untuk produk pangan pada sistem persediaan terintegrasi dan memberikan rekomendasi kepada PT So Good Manufacturing mengenai alternatif kebijakan dalam pengelolaan persediaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah modeling dan optimasi model. Model yang digunakan merupakan model matematis dengan persamaan non linear sedangkan untuk mengoptimasi model digunakan Genetic Algorithm (GA) tool pada MATLAB. Variabel yang dipertimbangkan adalah frekuensi pemesanan bahan baku, frekuensi pengiriman produk jadi, dan lama siklus produksi. Output dari penelitian ini adalah model persediaan serta kebijakan pengelolaan persediaan yang dapat direkomendasikan kepada PT So Good Food Manufacturing. Performansi model diukur berdasarkan total profit sistem persediaan. Hasil uji numerik menunjukkan kebijakan pengelolaan persediaan optimal yaitu frekuensi pengiriman bahan baku sebanyak 12 kali dan frekuensi pengiriman produk jadi sebanyak 15 kali selama 0,4582 bulan dan menghasilkan total profit sebesar Rp 36.289.565.488. Total profit model hasil penelitian ini lebih tinggi sebesar Rp 2.015.560 daripada model sebelumnya dan lebih tinggi sebesar Rp 3.249.071.301 daripada kebijakan yang diterapkan perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 11:29
    Last Modified: 08 Dec 2018 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42456

    Actions (login required)

    View Item