REPRESENTASI KECANTIKAN PADA VIDEO YOUTUBE BEAUTY VLOGGER “THE POWER OF MAKEUP!” (Analisis Semiotika pada Video “The Power of MAKEUP!” dalam Akun Beauty Vlogger YouTube Nikkie Tutorials)

IKASARI, OKTAVIANI (2018) REPRESENTASI KECANTIKAN PADA VIDEO YOUTUBE BEAUTY VLOGGER “THE POWER OF MAKEUP!” (Analisis Semiotika pada Video “The Power of MAKEUP!” dalam Akun Beauty Vlogger YouTube Nikkie Tutorials). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (77Kb)

    Abstract

    Cantik adalah sebuah kata yang tidak lepas dari perempuan. Cantik bersifat relatif, dan juga individual. Seiring perkembangan teknologi dan informasi, kini gambaran nilai kecantikan perempeuan sudah banyak dibentuk oleh media yang kemudian menjadi referensi bagi kehidupan perempuan. Hal ini disebabkan adanya standar-standar tertentu yang diciptakan sebagian besar oleh media, baik media cetak, elektronik, maupun media online. Salah satu media online yang ikut mengkonstruksi kecantikan perempuan adalah YouTube, melalui vlog dari beauty vlogger. Penelitian ini untuk mengetahui representasi kecantikan pada video “The Power of MAKEUP!” beauty vlogger YouTube NikkieTutorials. Jenis penelitan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Teknik analisis data ini menggunakan teknik semiotika dari Roland Barthes, yaitu untuk mengetahui makna denotasi, konotasi serta mitos yang terkandung dalam video beauty vlogger “The Power of MAKEUP!”. Dari analisis yang telah dilakukan maka dapat diketahui tanda kecantikan masih berpusat pada penampilan fisik wajah yaitu wajah yang mulus tanpa cacat, alis yang tebal dan rapi, kelopak mata yang besar dan berwarna, bulu mata lentik dan tebal, pipi tirus merah merona, dan bibir berwarna cerah, berisi, dan tidak pucat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 11:29
    Last Modified: 08 Dec 2018 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42452

    Actions (login required)

    View Item