Pengaruh Brainstorming Activity dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Oral Activities Siswa Jenis Dokumen

Prastika, Karina Tia (2018) Pengaruh Brainstorming Activity dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Oral Activities Siswa Jenis Dokumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Karina Tia Prastika, K4314037. PENGARUH BRAINSTORMING ACTIVITY DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN ORAL ACTIVITIES SISWA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains (aspek scientific nomenclature, rules of scientific evidence, postulate of science, scientific disposition, major misconception about science dan, intellectual process skills) dan oral activities (aspek bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan berdiskusi siswa). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel penelitian diambil meggunakan teknik simple ramdom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey degan taraf sinifikasi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains dan oral activities siswa; 2) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan literasi sains dalam aspek scientific nomenclature, rules of scientific evidence, postulate of science, scientific disposition, major misconception about science dan, intellectual process skills; 3) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan oral activities pada aspek bertanya, menjawab, mengemukakan pendapat dan berdiskusi siswa; 4) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek- aspek kemampuan literasi sains dari yang tertinggi hingga terendah yaitu scientific disposition lebih besar dari postulate of science, kemudian scientific nomenclatur sama dengan postulate of science, major misconception about science dan intellectual process skills; 5) ada pengaruh brainstorming actvity dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek kemampuan oral activities dari yang tertinggi hingga terendah yaitu yaitu berdiskusi lebih besar dari bertanya, kemudian berpendapat sama dengan menjawab. Kata kunci : Brainstorming activity; Learning Cycle 5E; literasi sains; oral activities.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 10:38
    Last Modified: 08 Dec 2018 10:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42450

    Actions (login required)

    View Item