SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN KELOMPOK BELAJAR MAHASISWA DIII TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SEBELAS MARET DENGAN METODE POTENTIALLY ALL PAIRWISE RANKINGS OF ALL POSSIBLE ALTERNATIVES (PAPRIKA)

P, FITRIANI ADE (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJURUSAN KELOMPOK BELAJAR MAHASISWA DIII TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS SEBELAS MARET DENGAN METODE POTENTIALLY ALL PAIRWISE RANKINGS OF ALL POSSIBLE ALTERNATIVES (PAPRIKA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (142Kb)

    Abstract

    Program Diploma III Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret memiliki sebuah wadah untuk menampung para mahasiswanya mengembangkan bakat diluar jam perkuliahan yang dinamakan kelompok belajar. Jurusan kelompok belajar tersebut meliputi pemrograman, multimedia, digital forensic, dan android. Untuk mengikuti kelompok belajar tersebut, setiap mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih sesuai dengan kehendak. Namun kenyataannya ditemui permasalahan berupa kebingungan dan kebimbangan pada mahasiswa untuk memilih jurusan kelompok belajar tersebut. Untuk membantu permasalahan tersebut, diperlukan sebuah Sistem Penunjang Keputusan (SPK). Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan antara lain nilai mata kuliah, rekomendasi dosen, prestasi mahasiswa dan keterampilan. Sistem ini berbasis web dan dibangun menggunakan framework Yii2 dengan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Sedangkan proses perhitungannya menggunakan metode Potentially All Pairwise Rankings Of All Possible Alternatives (PAPRIKA). Hasil yang didapatkan dari penelitian Sistem Pendukung Keputusan ini adalah menampilkan jurusan dari kelompok belajar yang sesuai dengan mahasiswa. Sehingga hasil tersebut dapat dijadikan pertimbangan oleh mahasiswa itu sendiri dalam memilih jurusan kelompok belajar. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Potentially All Pairwise Rankings Of All Possible Alternatives, Kelompok Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 09:57
    Last Modified: 08 Dec 2018 09:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42445

    Actions (login required)

    View Item