EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Rahmawati, Awaliyah Qonita (2018) EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Awaliyah Qonita Rahmawati. K3114007. EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA KELAS XI SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa kelas XI di SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu single case experimental design dengan rancangan desainnya adalah desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa laki-laki kelas XI SMA Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, instumen pedoman observasi perilaku kecanduan game onlline dan lembar observasi frekuensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analis dalam kondisi dan analisis klinis yaitu metode evaluasi subjektif oleh significant other. Hasil analisis dalam kondisi ketiga subjek penelitian terdapat level perubahan di fase intervensi dibanding dengan fase baseline. Hasil dari data analisis dalam menunjukkan terdapat level perubahan pada subjek RR dengan baseline menunjukkan-2 dan intervensi menunjukkan 2. Sedangkan subjek MIC dengan baseline menunjukkan -2 dan intervensi menunjukkan 0 serta subjek AS dengan baseline menunjukkan -2 dan intervensi menunjukkan 2. Senada dengan hasil analisis dalam tersebut, berdasarkan hasil analisis klinis oleh significant other menjelaskan bahwa perilaku kecanduan game online subjek penelitian mengalami perubahan yaitu menurun. Hal ini dibuktikan dengan usaha ketiga subjek yang berusaha untuk mengurangi frekuensi dalam bermain aplikasi game online. Maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku kecanduan game online siswa kelas XI SMA Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil tersebut. Diharapkan Teknik Self Management dapat dikembangkan oleh peneliti-peneliti selanjutnya supaya menjadi lebih berkembang lagi. Kata Kunci: self management, kecanduan, game online

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 08:47
    Last Modified: 08 Dec 2018 08:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42437

    Actions (login required)

    View Item