Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Metode Trade A Problem Pada Pokok Bahasan Trigonometri Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

KURNIAWAN, WAHYU (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Metode Trade A Problem Pada Pokok Bahasan Trigonometri Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (34Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Kurniawan. K1314052. EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE TRADE A PROBLEM PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade a Problem atau model pembelajaran langsung pada materi trigonometri; (2) siswa yang prestasi belajarnya lebih baik antara siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada materi trigonometri; (3) siswa yang mempunyai prestasi lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah pada masing-masing model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade a Problem dan model pembelajaran langsung pada materi trigonometri; (4) siswa yang prestasinya lebih baik, siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode Trade a Problem atau siswa yang diberikan pelajaran dengan model pembelajaran langsung pada masing-masing siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah pada materi trigonometri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan total banyaknya siswa kedua kelas adalah 53 siswa. Sampel dipilih dua kelas dari 4 kelas yang ada dengan teknik cluster random sampling, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa nilai hasil Ujian Tengah Semester (UTS) dua tahun pelajaran 2017/2018, metode angket untuk data kreativitas belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar siswa pada materi fungsi trigonometri. Teknik analisis data yag digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe dengan tingkat signifikansi 5%. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada materi trigonometri (1) siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metodoe Trade a Problem mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibanding siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan tingkat kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreativitas belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreativitas belajar rendah; (3) pada masing-masing tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah, siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metodoe Trade a Problem mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran (model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metodoe Trade a Problem dan model pembelajaran langsung), siswa dengan tingkat kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dari siswa dengan tingkat kreativitas belajar sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kretivitas belajar rendah. Kata kunci: Missouri Mathematics Project (MMP), Trade a Problem, kreativitas belajar, trigonometri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 08:22
    Last Modified: 08 Dec 2018 08:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42433

    Actions (login required)

    View Item