PENINGKATAN ASPEK AFEKTIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI II BAKALAN KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ISTIQOMAH, SITI (2011) PENINGKATAN ASPEK AFEKTIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI II BAKALAN KECAMATAN PURWANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (917Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aspeki afektif siswa melalui pembelajaran tematik pada siswa kelas III SD Negeri II Bakalan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri II Bakalan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari observasi terhadap aktivitas siswa dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I menunjukkan adanya peningkatan aspek afektif siswa meskipun hanya mencapai 66 di pertemuan ke-1, 71 di pertemuan ke-2, dan 74 di pertemuan ke-3, jika dirata-rata menjadi 70. Namun pada siklus II aspek afektif siswa sudah mengalami peningkatan yaitu mencapai 72 di pertemuan ke-1, 76 di pertemuan ke-2, dan 81 di pertemuan ke-3, jika dirata-rata menjadi 76. Perkembangan rata-rata nilai psikomotorik siswa dari siklus I sampai siklus II menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada siklus I 64 dan pada siklus II 73. Hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I 72,17 dan pada siklus II naik menjadi 78,83. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan 60) pada tes siklus I 73% siswa dan pada tes siklus II 93% siswa tuntas. Secara keseluruhan aspek afektif siswa naik, dari kondisi awal 48 setelah melalui dua siklus menjadi 76. Maka mengalami peningkatan sebesar 28. Dengan demikian dapat dibuat suatu kesimpulan bahwa pembelajaran temaik dapat meningkatkan aspek afektif siswa pada siswa kelas III SD Negeri II Bakalan tahun pelajaran 2009/ 2010

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Users 854 not found.
    Date Deposited: 15 Jul 2013 04:48
    Last Modified: 15 Jul 2013 04:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4243

    Actions (login required)

    View Item