PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia Dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015)

K, NURVITA PUPUT (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GOOGLE EARTH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia Dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer Kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurvita Puput Kurniasih (K5411046) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Google Earth Untuk Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Geografi (Kompetensi Dasar Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer di Kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktivan peserta didik (kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer di kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik (kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer di kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015) dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 30 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth dapat meningkatkan keaktivan peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer. Hal ini dilihat dari pencapaian keaktivan peserta didik mengalami peningkatan 25,24% dari 65,23% pada siklus I menjadi 90,47% pada siklus II. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media Google Earth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IIS 3 SMA N 1 Sukoharjo pada kompetensi dasar menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat dari dinamika hidrosfer. Perolehan ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 83,33% peserta didik telah mencapai KKM pada siklus II. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), keaktivan belajar, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 08:13
    Last Modified: 08 Dec 2018 08:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42429

    Actions (login required)

    View Item