EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 Jenis Dokumen

R, NUR ANNISA NAULI (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018 Jenis Dokumen. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (544Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manakah diantara model pembelajaran Treffinger dan model pembelajaran Langsung yang menghasilkan kemampuan pemecahan masalah lebih baik; manakah diantara siswa dengan tingkatan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik; pada tiap model pembelajaran, manakah yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah; pada tiap tingkatan kreativitas, manakah yang menghasilkan kemampuan pemecahan masalah lebih baik, model pembelajaran Treffinger atau Langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi siswa kelas XI IPA SMAN 4 Surakarta tahun 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, lalu dilanjutkan uji komparasi ganda. Persyaratan analisisnya yaitu populasi berdistribusi normal dan homogen. Simpulan dari penelitian ini yaitu, siswa dengan pembelajaran Treffinger menghasilkan kemampuan pemecahan masalah lebih baik dari siswa yang dikenakan pembelajaran Langsung; siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah, serta siswa dengan kreativitas belajar sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika yang lebih baik dari siswa dengan kreativitas belajar rendah; pada tiap model pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kreativitas belajar tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah, serta kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kreativitas belajar sedang lebih baik dari siswa dengan kreativitas belajar rendah; pada tiap tingkatan kreativitas belajar, siswa yang mendapatkan pembelajaran Treffinger lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran Langsung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Dec 2018 08:13
    Last Modified: 08 Dec 2018 08:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42428

    Actions (login required)

    View Item