EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODEPEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2017/2018 (Kompetensi Dasar Memahami Konsep Ruang dan Interaksi Antar Ruang di Indonesia)

AMINUDIN, MUHAMMAD (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODEPEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2017/2018 (Kompetensi Dasar Memahami Konsep Ruang dan Interaksi Antar Ruang di Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Aminudin. K5411040. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODEPEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN AJARAN 2017/2018 (Kompetensi Dasar Memahami Konsep Ruang dan Interaksi Antar Ruang di Indonesia) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran STAD, metode pembelajaran TGT, dan metode pembelajaran ceramah. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran STAD dan metode pembelajaran ceramah. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dan metode pembelajaran ceramah. (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD dan metode pembelajaran TGT. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Slogohimo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dua kelas dari populasi yaitu kelas VII D dan VII E dengan satu kelas kontrol kelas VII G. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Analisis data yang digunakan dalam mengolah data hasil belajar adalah dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial parametrik. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran data dalam bentuk tabel dan grafik dari nilai rata-rata agar dengan mudah memperoleh gambaran mengenai sifat atau karakteristik obyek data tersebut. Hasil penelitian ini adalah. Pertama, ada perbedaan antara metode pembelajaran STAD, metode pembelajaran TGT, dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS. Kedua, metode pembelajaran STAD lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS. Ketiga, metode pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS. Keempat, ada perbedaan hasil belajar pada penggunaan metode pembelajaran TGT dan STAD namun perbedaannya tidak signifikan. Kata Kunci : STAD, TGT, Siswa kelas VII SMP N 1 Slogohimo, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 12:11
    Last Modified: 05 Dec 2018 12:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42418

    Actions (login required)

    View Item