PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTUR COOPERATIVE SCRIPT DENGAN STRUKTUR THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG (Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Tahun Pelajaran 2017/2018)

RUKMINIATUN, ERNA (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTUR COOPERATIVE SCRIPT DENGAN STRUKTUR THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG (Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (127Kb)

    Abstract

    Erna Rukminiatun. K5411019. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTUR COOPERATIVE SCRIPT DENGAN STRUKTUR THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUMBERLAWANG (Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. November. 2017. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh antara penggunaan metode pembelajaran Kooperatif Struktur Cooperative Script, Struktur Think Pair Share, dan metode Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar peserta didik. 2) Mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran Kooperatif Struktur Cooperative Script dengan Struktur Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran Kooperatif Struktur Cooperative Script dengan metode Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar peserta didik. 4) Mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran Kooperatif Struktur Think Pair Share dengan metode Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X IPS SMA Negeri 1 Sumberlawang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Sampling didapatkan kelas X IPS-1 sebagai kelas eksperimen 1 (ditetapkan Metode Pembelajaran Cooperative Script), kelas X IPS-2 sebagai kelas eksperimen 2 (ditetapkan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share), dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol (ditetapkan Metode Pembalajaran Ceramah Tanya Jawab). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan (one way anava) dan uji lanjut Anava (Uji Scheffe’). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif struktur Cooperative Script, model pembelajaran Kooperatif struktur Think Pair Share dengan Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar peserta didik pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai F hitung 71.00459 > F tabel 3,09. 2) Model pembelajaran Kooperatif struktur Cooperative Script dan model pembelajaran Kooperatif struktur Think Pair Share memiliki pengaruh yang sama terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sig -110.265 < 0,05. 3) Model pembelajaran Kooperatif struktur Cooperative Script lebih berpengaruh dibandingkan model Ceramah Tanya Jawab terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sig -88.3217 < 0,05. 4) Model pembelajaran Kooperatif struktur Think Pair Share dan model Ceramah Tanya Jawab memiliki pengaruh yang sama terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai sig -76.057 > 0,05. Kata Kunci : Cooperative Script, Think-Pair-Share, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 12:04
    Last Modified: 05 Dec 2018 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42416

    Actions (login required)

    View Item