PENGARUH SUPLEMENTASI L-KARNITIN, MINYAK IKAN LEMURU DAN MINYAK IKAN TUNA DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN RANSUM AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus)

Fauzi, Maftuh Rifqi (2018) PENGARUH SUPLEMENTASI L-KARNITIN, MINYAK IKAN LEMURU DAN MINYAK IKAN TUNA DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN RANSUM AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    PENGARUH SUPLEMENTASI L-KARNITIN, MINYAK IKAN LEMURU DAN MINYAK IKAN TUNA DALAM RANSUM TERHADAP KECERNAAN RANSUM AYAM KAMPUNG (Gallus domesticus) Maftuh Rifqi Fauzi2 H 0514057 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi L-karnitin, minyak ikan lemuru dan minyak ikan tuna dalam ransum terhadap kecernaan ayam kampung (Gallus domesticus). Penelitian ini menggunakan 20 ekor ayam kampung betina fase laying dan ditempatkan pada kandang individu. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah, dengan empat perlakuan yaitu : P0= Ransum kontrol (jagung halus, bekatul, konsentrat), P1= pakan P0 + L-karnitin 30 ppm, P2= pakan P1 + minyak ikan tuna level 4%, P3= pakan P1 + minyak ikan lemuru level 4%. dan tiap perlakuan terdiri dari lima ulangan. Pengukuran kecernaan in vivo dilakukan dengan metode total koleksi. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah konsumsi bahan kering (BK) dan bahan organik (BO) serta kecernaan bahan kering (KcBK) dan bahan organik (KcBO). Hasil analisis variasi (ANOVA) menunjukkan bahwa suplementasi L-karnitin, minyak ikan lemuru dan minyak ikan tuna dalam ransum berbeda sangat nyata (P<0,01) untuk konsumsi BK dan BO, sedangkan KcBK dan KcBO berbeda nyata (P<0,05). Hasil uji lanjut contras orthogonal menunjukkan performa terbaik dicapai oleh ayam yang diberi ransum dengan suplementasi L-karnitin + minyak ikan karena mampu menurunkan konsumsi BK mencapai 67,47 g/ekor/hari untuk minyak ikan tuna dan 66,86g/ekor/hari untuk minyak ikan lemuru, sedangkan untuk konsumsi BO yaitu 55,50g/ekor/hari untuk minyak ikan tuna dan 55,03g/ekor/hari untuk minyak ikan lemuru. Kecernaan bahan kering mencapai 66,08% untuk minyak ikan tuna dan 65,76% untuk minyak ikan lemuru, sedangkan kecernaan bahan organik mencapai 72,11% untuk minyak ikan tuna dan 71,07% untuk minyak ikan lemuru. Kata kunci : Ayam kampung, KcBK, KcBO, L-karnitin, minyak ikan tuna dan lemuru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 12:04
    Last Modified: 05 Dec 2018 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42415

    Actions (login required)

    View Item