PENGEMBANGAN MODUL ELEKTROKIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PADA UNIT KOMPETENSI BATERAI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF

ROHMI, INAYAH (2018) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTROKIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERINTEGRASI PADA UNIT KOMPETENSI BATERAI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul elektrokimia berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi pada unit kompetensi baterai untuk meningkatkan kreativitas siswa, (2) mengetahui kelayakan modul elektrokimia berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi pada unit kompetensi baterai untuk meningkatkan kreativitas siswa (3) mengetahuai efektivitas modul elektrokimia berbasis Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi pada unit kompetensi baterai untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Tengaran dan SMK Negeri 1 Bancak. Penelitian pengembangan modul elektrokimia berbasis PBL ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan prosedur sebagai berikut: (1) penelitian pendahuluan dan pengembangan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba produk permulaan, (5) revisi produk pertama, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk kedua, (8) uji lapangan operasional / uji efektivitas, (9) revisi produk akhir. Sumber data pada penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi serta wawancara. Analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria. Analisis efektivitas modul menggunakan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul elektrokimia berbasis PBL terintegrasi pada unit kompetensi baterai untuk meningkatkan kreativitas menggunakan 9 tahapan prosedur pengembangan Borg dan Gall, (2) modul elektrokimia berbasis PBL terintegrasi pada unit kompetensi baterai telah diuji kelayakannya dengan hasil validasi oleh para ahli berdasarkan aspek isi materi, penyajian, bahasa dan kegrafikan diperoleh indeks validitas (V) > 0,75 sehingga dapat disimpulkan bahwa modul layak digunakan, (3) modul elektrokimia berbasis PBL terintegrasi pada unit kompetensi baterai efektif digunakan di kedua sekolah vokasional dengan kategori tinggi dan rendah. Kata kunci: modul elektrokimia, PBL, kreativitas, unit kompetensi baterai

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 12:04
    Last Modified: 05 Dec 2018 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42414

    Actions (login required)

    View Item