Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson Pada Materi Sistem Imunitas Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI

ELISANTI, EVI (2018) Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson Pada Materi Sistem Imunitas Untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    Evi Elisanti. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson pada Materi Sistem Imunitas untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA kelas XI. Tesis. Pembimbing: 1) Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.; 2) Kopembimbing: Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd., Program Studi Magister Pendidikan Sains. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Abstrak Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui karakteristik modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI; 2) Menguji tingkat kelayakan produk modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI; 3) Menguji keefektifan modul berbasis inquiry lesson pada materi sistem imunitas untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI. Penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan sebagai dasar pengembangan mengadaptasi dari prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan langkah 1 sampai 9. Langkah-langkah penyusunan dalam penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut meliputi; 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk produk awal, 4) uji coba lapangan permulaan, 5) revisi produk pertama, 6) uji lapangan terbatas, 7) revisi produk tahap dua, 8) uji coba lapangan operasional, 9) revisi produk akhir. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis kelayakan modul berdasarkan skor kriteria kualifikasi dan analisis tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Karakteritik produk modul biologi materi sistem imunitas yang dikembangkan menggunakan sintaks inquiry lesson (observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi) diintegrasikan memuat aspek keterampilan berpikir kritis (interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan dan pengaturan diri) disetiap tahapannya; 2) Kelayakan produk modul berbasis inquiry lesson (IL) pada materi sistem imunitas yang diuji melalui uji validasi ahli, uji kelompok kecil pengguna lapangan(praktisi pendidikan serta siswa) sudah sesuai dengan tujuan dikembangkan. Modul berkualifikasi sangat baik serta dinyatakan layak untuk digunakan atau diimplementasikan; 3) Modul biologi berbasis inquiry lesson efektif untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis pada aspek interpretasi, aspek analisis, aspek evaluasi, aspek kesimpulan, aspek penjelasan serta aspek pengaturan diri dengan kriteria sedang dan kriteria effect size besar. Kata kunci: Modul pembelajaran, inquiry lesson, sistem imunitas, modul berbasis inquiry lesson dan keterampilan berpikir kritis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 12:04
    Last Modified: 05 Dec 2018 12:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42412

    Actions (login required)

    View Item