PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DESIGN BERBANTU SEMI-SOFT SCAFFOLDING TERHADAP REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA

FATMAWATI, DIAH AYU (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DESIGN BERBANTU SEMI-SOFT SCAFFOLDING TERHADAP REDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (257Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry based learning design berbantu semi-soft scaffolding terhadap reduksi miskonsepsi siswa pada materi kingdom animalia.Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Nonrandomized Control Group, Pretest–Posttest Design . Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster sampling. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas dengan menerapkan model inquiry based learning design bebantu semi-soft scaffolding pada kelas eksperimen dan model discovery learning pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik dengan empat tingkatan (four-tier diagnostic test) , observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t berpasangan dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dibantu dengan SPSS 15. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model pembelajaran Inquiry Based Learning Design berbantu Semi-soft Scaffolding berpengaruh terhadap reduksi miskonsepsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolali pada materi Kingdom Animalia sebesar 14 %. Reduksi mikonsepsi lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol sebesar 6%. Kata kunci: miskonsepsi, reduksi miskonsepsi inquiry based learnig design, semi-soft scaffolding

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 11:56
    Last Modified: 05 Dec 2018 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42409

    Actions (login required)

    View Item