Analisis Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi

RAHMAWATI, ANI (2018) Analisis Komposisi Jenis Dimensi Pengetahuan dalam Kegiatan Pembelajaran Biologi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk menggambarkan profil komposisi jenis dimensi pengetahuan berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dan kesesuaian komposisi jenis dimensi pengetahuan dalam proses pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi di kelas XI MIPA SMA X Surakarta dengan SKL pada kurikulum 2013. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu menggambarkan seutuhnya tentang fenomena yang diamati. Populasi penelitian adalah guru dan siswa SMA Al Islam 1 Surakarta. Sampel penelitian adalah guru bidang studi biologi dan siswa kelas XI MIPA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dengan observasi menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data menggunakan model interaktif terdiri atas empat, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, yaitu menyusun rancangan penelitian, memilih tempat penelitian, dan mengurus perizinan. Tahap pelaksanaan, yaitu tahap mengambil data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data dengan model analisis interaktif, yaitu mendeskripsikan sebagai suatu pembahasan yang runtut, sistematis dan terbentuk suatu laporan hasil penelitan. Hasil penelitian mengambarkan komposisi jenis pengetahuan dalam pembelajaran materi sistem reproduksi yaitu mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif, dengan jumlah kegiatan pembelajaran yang berbeda-beda berdasarkan karakteristik, metode, dan model pada masing-masing submateri pembahasan dan ketidaksesuaian antara komposisi jenis pengetahuan pada kegiatan pembelajaran dengan jenis pengetahuan pada tujuan pembelajaran yang berdasar pada SKL Kurikulum 2013. Kata Kunci : taksonomi bloom, dimensi pengetahuan, pembelajaran biologi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 05 Dec 2018 11:56
    Last Modified: 05 Dec 2018 11:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42407

    Actions (login required)

    View Item