KESANTUNAN BAHASA DALAM ACARA INDONESIA LAWYERS CLUB DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

ARIPUTRA, ADITYA MAHENDRA (2018) KESANTUNAN BAHASA DALAM ACARA INDONESIA LAWYERS CLUB DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan berbahasa, strategi kesantunan berbahasa dan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang terkandung di balik Talk Show Indonesia Lawyers Club TV One. Talk Show Indonesia Lawyers Club hadir dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kesantunan dalam berbahasa yang dapat diterapkan oleh segenap narasumber, sehingga mampu menggugah peserta didik untuk dapat berdebat tanpa mengesampingkan nilai kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, penelitian ini menemukan wujud kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan berbahasa, strategi kesantunan berbahasa dengan pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan SBLC untuk mengumpulkan data. Penulis tidak terlibat langsung dalam menentukan suatu peristiwa yang terjadi dalam acara Talk Show Indonesia Lawyers Club. Keterlibatan penulis dalam penulisan ini hanya sebagai pemerhati dan pendengar percakapan atau dialog antara pembawa acara dan narasumber dalam acara talk show Indonesia Lawyers Club. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cara-tujuan, penulis telebih dahulu menunjukan konteks tuturan. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) wujud kesantunan berbahasa, yaitu penggunaan ungkapan sapaan, dan penggunaan ungkapan permintaan; (2) prinsip kesantunan berbahasa, yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawaan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatian; (3) strategi kesantunan berbahasa, yaitu strategi kesantunan positif; dan strategi on record; dan (4) relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PA Classical philology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 18:57
    Last Modified: 04 Dec 2018 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42399

    Actions (login required)

    View Item