Analisis Kualitas Produksi Synthetic Gas (SYNGAS) pada Proses Gasifikasi Refuse Derived Fuel (RDF) Limbah Aren dengan Variasi Cyclone Separator

, Supriyadi (2018) Analisis Kualitas Produksi Synthetic Gas (SYNGAS) pada Proses Gasifikasi Refuse Derived Fuel (RDF) Limbah Aren dengan Variasi Cyclone Separator. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : (1) menganalisis kualitas synthetic gas pada proses gasifikasi dengan variasi cyclone separator berbahan bakar RDF limbah aren, serta menganalisis hasil penyaringan tar dan abu pada cyclone separator dengan penambahan counter cone. Cyclone separator merupakan alat yang digunakan untuk memisahkan kandungan partikel abu dan tar pada gasifikasi dengan gaya inersia. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah kualitas synthetic gas yang dihasilkan dari proses gasifikasi. Variasi cyclone yang digunakan adalah menambah counter cone 90° dan counter cone 120° pada cyclone separator. Pengambilan data melalui analisis langsung untuk mengetahui temperatur pada gasifikasi dan nyala synthetic gas yang dihasilkan. Uji eksperimen dilaksanakan di bengkel las JPTK kampus V UNS. Hasil penelitian ini adalah : (1) penggunaan counter cone pada cyclone separator mempengaruhi kualitas synthetic gas yang dihasilkan. Hasil pengujian menunjukkan variasi cyclone dengan counter cone 120° efektif memisahkan kandungan tar dan abu dengan presentase 13%. (2) Penangkapan tar dan abu sebanyak 325 gram dalam operasi gasifikasi 90 menit dengan bahan bakar 2,5kg. (3) Analisis Uji visual nyala synthetic gas menunjukkan bahwa cyclone separator dengan counter cone 120° menghasilkan synthetic gas dengan nyala warna biru dan terlihat bersih dari kandungan tar dan abu dengan suhu maksimum 545°C. Kata Kunci : Limbah aren, Gasifikasi, cyclone separator, counter cone.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 18:08
    Last Modified: 04 Dec 2018 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42395

    Actions (login required)

    View Item