PENGARUH PEMBERIAN PERTANYAAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING

Putri, Reny Lukma Aisyah (2018) PENGARUH PEMBERIAN PERTANYAAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PROBLEM SOLVING. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis (aspek interpretation, analyze, evaluate, inference, eksplanation, regulation) dan problem solving (aspek engage in the problem, define the problem, explore the problem, plan the solution, implement the plan, check the solution) siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (True Experiment Research) dengan desain Randomized Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa X MIPA SMA Negeri 7 Surakarta yang terdiri 198 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Manova dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey yang dibantu program SPSS 22. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan problem solving siswa; 2) Ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis berdasar dari aspek interpretation, analyze, evaluate, inference, explanation, self regulation; 3) Ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan problem solving berdasar dari aspek engage in the problem (motivation), define the problem, explore the problem, plan the solution, implement the plan, check the solution, evaluate/reflect; 4) Ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kritis dari tinggi ke rendah adalah aspek analyze, interpretation, evaluate, inference dan explanation, self regulation; 5) Ada pengaruh pemberian pertanyaan Higher Order Thinking Skills dalam model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aspek-aspek kemampuan problem solving adalah sama besar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 17:41
    Last Modified: 04 Dec 2018 17:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42391

    Actions (login required)

    View Item