PENGARUH PROBLEM POSING DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI LISAN SISWA

Kusuma, Aisha Dian (2018) PENGARUH PROBLEM POSING DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI LISAN SISWA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif (aspek fluency, flexibility, originality, elaboration) dan komunikasi lisan siswa (aspek organization, language, delivery, evidence based support dan general purpose). Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain The Rendomized Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas dengan 201 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPA 5 yang memiliki 33 siswa sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey dengan taraf signifikansi 5% yang dibantu dengan program SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi lisan siswa. 2) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasar dari aspek fluency, fleksibility, originality dan elaboration. 3) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi lisan berdasar dari aspek organization, language, delivery, evidence based support dan general purpose. 4) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif mulai paling tinggi sampai paling rendah adalah pada aspek fluency dan originality dilanjutkan aspek flexibility dan elaboration. 5) ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap aspek-aspek kemampuan komunikasi lisan adalah sama besar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 17:17
    Last Modified: 04 Dec 2018 17:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42377

    Actions (login required)

    View Item