PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SKETCHUP DENGAN SLIDE POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB DI SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Prasetyo, Adi (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SKETCHUP DENGAN SLIDE POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB DI SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (97Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adi Prasetyo. K1514002. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SKETCHUP DENGAN SLIDE POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI TGB DI SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik dari penerapan media pembelajaran Google SketchUp dengan Slide PowerPoint. (2) Pengaruh dari penerapan media pembelajaran Google SketchUp dengan Slide PowerPoint terhadap hasil belajar mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung pada siswa kelas XI TGB di SMKN 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TGB di SMKN 2 Surakarta yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TGB A dan kelas XI TGB B. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Posttest only control design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai kognitif dengan model Posttest, sedangkan observasi untuk mengumpulkan data nilai afektif dan psikomotorik dengan bantuan lembar observasi. Analisis data untuk mengukur perbedaan menggunakan uji t dua sampel tak berkolerasi, dengan pengujian dua pihak dan taraf signifikan sebesar 0,05 atau 5% serta analisis untuk mengukur pengaruh menggunakan uji gain pada nilai kognitif. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil; (1) Terdapat perbedaan hasil belajar dari penggunaan media pembelajaran Google SketchUp dengan Slide PowerPoint yang signifikan pada ranah Kognitif yaitu t hitung = 3,040 > t tabel = 2,298 dan pada ranah Afektif yaitu t hitung 2,406 > t tabel = 1,298, sedangkan pada ranah psikomotorik tidak mengalami perbedaan yang signifikan yaitu t hitung = 0,730 < t tabel = 2,298. (2) Terdapat pengaruh hasil belajar lebih tinggi dari penggunaan media pembelajaran Google SketchUp daripada penggunaan media Slide PowerPoint ditunjukan pada nilai rata-rata penggunaan media Google SketchUp terhadap media Slide PowerPoint pada ranah kognitif yaitu 85,750>85,750, ranah afektif yaitu 2,775> 2,514, dan 57,969>55,556 pada ranah psikomotorik. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian uji Gain yaitu penggunaan media Google SketchUp sebesar 0,6 sedangkan penggunaan media Slide PowerPoint sebesar 0,4. Kata Kunci: Google SketchUp, Slide PowerPoint, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 17:05
    Last Modified: 04 Dec 2018 17:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42371

    Actions (login required)

    View Item