Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap Melalui Pendekatan Saintifik Pada Implementasi Kurikulum 2013

G, TAUFIK FAJAR (2018) Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika yang Mengintegrasikan Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap Melalui Pendekatan Saintifik Pada Implementasi Kurikulum 2013. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (885Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses integrasi pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik, (2) cara guru dalam proses penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam kegiatan pembelajaran untuk kemudian dapat digambarkan proses pembelajaran dan penilaian yang berlangsung dalam membelajarkan matematika materi peluang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah satu guru matematika kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta dengan kriteria sudah mendapatkan pelatihan tentang kurikulum 2013. Data dalam penelitian ini berupa: (i) proses pembelajaran matematika yang mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan pendekatan scientific approach yang diperoleh dari hasil rekaman kegiatan pembelajaran pada observasi; (ii) proses penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh dari hasil rekaman kegiatan pembelajaran pada observasi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check, yaitu proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada subjek penelitian untuk menguji kemungkinan dugaan-dugaan yang berbeda. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (i) langkah-langkah 5M untuk mengintegrasikan bagian pengetahuan (KI-3), keterampilan (KI-4) dan sikap (KI-1 dan KI-2) dalam pembelajaran, dengan keterampilan mengamati akan tercipta pengetahuan dalam menerima dan akan terbentuk sikap jujur, dll, (ii) Proses penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan kuis kepada siswa di akhir pembelajaran dan instrumen yang digunakan soal berbentuk uraian, teknik penilaian keterampilan dilakukan guru pada saat proses pembelajaran, dan teknik penilaian sikap dengan instrumen lembar penilaian antarpeserta didik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 04 Dec 2018 16:20
    Last Modified: 04 Dec 2018 16:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42369

    Actions (login required)

    View Item