Hubungan Peran Gapoktani Berdasarkan Persepsi Anggota dalam Penyerapan Teknologi dan Peningkatan Kemandirian serta Keberlanjutan Pertanian (Studi Kasus Gapoktani Sedyo Mulyo Gunung Kidul)

BRUGMAN, AMANDA CHRISTY (2018) Hubungan Peran Gapoktani Berdasarkan Persepsi Anggota dalam Penyerapan Teknologi dan Peningkatan Kemandirian serta Keberlanjutan Pertanian (Studi Kasus Gapoktani Sedyo Mulyo Gunung Kidul). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (995Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara peran gapoktani yang dikaji dari struktur dan kinerja pengurus gapoktani, kualitas interaksi dalam gapoktani, serta efektivitas kegiatan gapoktani terhadap peningkatan kemandirian petani anggota yang mencakup bargaining position anggota, kemampuan pemenuhan modal usaha tani anggota, dan kemampuan teknik bertanam anggota. Selanjutnya adalah peran gapoktani terhadap penyerapan teknologi anggota yang meyangkut mengenai penggunaan internet. Dan peran gapoktani terhadap keberlanjutan pertanian yaitu penggunaan pupuk dan pestisida organik bagi anggota gapoktani. Hasil dari penyebaran kuisioner, wawancara, dan analisis koefisien korelasi Rank-Spearman menyatakan bahwa respon ketiga variabel dependen yaitu kemandirian petani, penyerapan teknologi, dan keberlanjutan pertanian terhadap ketiga variabel independen cukup kuat. Hubungan antar variabel terbukti positif dan searah, sehingga adanya sedikit perubahan pada ketiga variabel independen akan berpengaruh terhadap variabel – variabel dependen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Gapoktani Sedyo Mulyo memiliki berperan dalam peningkatan kemandirian, penyerapan teknologi, dan keberlanjutan pertanian. Kata Kunci: Gapoktani, Penguatan Kelembagaan, Kualitas Kelembagaan, Efektivitas Kelompok, Kemandirian Petani, Penyerapan Teknologi, Keberllanjutan Pertanian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Rea Aisha Champa
    Date Deposited: 02 Dec 2018 09:00
    Last Modified: 02 Dec 2018 09:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42323

    Actions (login required)

    View Item