PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM USAHA PT.PLN MEMASARKAN PRODUK LISTRIK PRABAYAR PADA PT.PLN (Persero) DISTRIBUSI JAWA TENGAH AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURAKARTA

ARIFIN, ZULHAM (2011) PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM USAHA PT.PLN MEMASARKAN PRODUK LISTRIK PRABAYAR PADA PT.PLN (Persero) DISTRIBUSI JAWA TENGAH AREA PELAYANAN DAN JARINGAN SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (770Kb)

    Abstract

    Tugas Akhir yang dipilih penulis diatas memuat tentang salah satu alur dalam dunia pemasaran yaitu mengenai bauran promosi dalam usaha sebuah perusahaan untuk memasarkan suatu produk baru. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi apa sajakah yang digunakan PT.PLN (Persero) APJ Surakarta dalam memasarkan produk baru untuk menarik minat banyak pelanggan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan studi pustaka serta pengumpulan data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan dan menceritakan suatu keadaan, situasi yang terjadi pada suatu objek yang sedang diteliti sesuai dengan kenyataan. Penelitian ini dilakukan pada PT.PLN (Persero) APJ Surakarta yang terletak di Jl.Brigjend Slamet Riyadi No.468 Surakarta. Didalam pemasarannya PT.PLN (Persero) APJ Surakarta menerapkan strategi bauran pemasaran yang mencakup 4P, yaitu produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan distribusi (place). Dan perusahaan harus bisa menarik minat pelanggan yang sebelumnya sudah memakai produk listrik pasca bayar untuk berpindah ke produk baru yaitu listrik prabayar. Berdasarakan hasil penelitian ini, kesimpulan yang di dapat adalah PT.PLN (Persero) APJ Surakarta menggunakan empat bauran promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung (direct marketing). Sedangkan saran yang dapat dikemukakan oleh penulis adalah agar perusahaan lebih banyak lagi dalam merekrut perantara, agar kebutuhan perusahaan tentang meteran prabayar tidak menjadi masalah utama lagi bagi perusahaan dan permintaan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik. Kata kunci : Bauran pemasaran, Bauran promosi : periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Noreka Destiana
    Date Deposited: 15 Jul 2013 04:26
    Last Modified: 15 Jul 2013 04:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4232

    Actions (login required)

    View Item