Analisis Piranti Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Naskah Drama Ayahku Pulang Karya Usmar Ismail dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA

Hafizha, Nada (2018) Analisis Piranti Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Naskah Drama Ayahku Pulang Karya Usmar Ismail dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (573Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nada Hafizha, K1212053. Analisis Piranti Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Naskah Drama Ayahku Pulang Karya Usmar Ismail dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas maret, April 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kohesi gramatikal pada naskah drama Ayahku Pulang; (2) kohesi leksikal pada naskah drama Ayahku Pulang; (3) relevansi analisis kohesi gramatika dan leksikal sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana tekstual. Sumber data adalah dokumen berupa teks naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail. Sampel dalam penelitian ini adalah teks naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori. Hasil temuan penelitian ditemukan penggunaan aspek gramatikal sejumlah 458 data meliputi pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan perangkaian. Aspek leksikal yang ditemukan berjumlah 90 data meliputi repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, ekuivalensi. Dari keseluruhan analisis aspek gramatikal dan leksikal dapat disimpulkan bahwa naskah drama Ayahku Pulang dapat disebut wacana yang utuh. Penelitian ini memaparkan relevansi analisis piranti kohesi gramatikal dan leksikal dalam naskah drama Ayahku Pulang memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Hal ini terlihat dari kesesuaian naskah dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Selain sesuai dengan kurikulum, naskah drama Ayahku Pulang memiliki nilai-nilai pendidikan yang baik jika diajarkan dalam pembelajaran di SMA. Kata Kunci : kohesi gramatikal, kohesi leksikal, bahan ajar ABSTRACT Nada Hafizha, K1212053. Analysis Grammatical and Lexical Cohesion of Play Script Ayahku Pulang by Usmar Ismail and the Relevance to the Learning Material of Bahasa Indonesia in Senior High School. Thesis. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education. University of Sebelas Maret, April 2016. The aims of this research were to describe: (1) the aspects of textual discourse analysis of play script Ayahku Pulang; (2) the aspects of contextual discourse analysis of play script Ayahku Pulang; (3) the relevance of textual and contextual discourse analysis to the learning material of Bahasa Indonesia in Senior High School. The research uses qualitative descriptive method with the approach of textual discourse analysis. The data source is the document of play script of Ayahku Pulang by Usmar Ismail. The sample of this research is the play script of Ayahku Pulang by Usmar Ismail taken by using purposive sampling technique. The data analysis technique used is interactive model analysis. The data validity technique used is triangulation technique. The results of this research using find the use of grammatical aspects with the total 458 data including reference, substitution, deletion and coupling. The lexical aspects found are 90 data including repetition, synonym, antonym, collocation, and equivalence. From the overall grammatical aspect and lexical aspect, it can be concluded that the play script of Ayahku Pulang can be categorized in intact discourse. The research describes the relevance of grammatical aspect and lexical aspect analysis of play script Ayahku Pulang which has the potential to use as the learning material of Bahasa Indonesia in Senior High School. It can be proven from the compatibility of script with the competence standard and basic competence in Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Moreover, the play script of Ayahku Pulang has good values in education to be applied in learning process in Senior High School. Keywords: Grammatical Cohesion, Lexical Cohesion, learning material

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 30 Nov 2018 16:12
    Last Modified: 30 Nov 2018 16:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42311

    Actions (login required)

    View Item