pengembangan modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi akutnansi berbasis pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar

RINALDY, CHOLID (2018) pengembangan modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi akutnansi berbasis pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (998Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Cholid Rinaldy. K7413034. PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL EKONOMI-AKUNTANSI BERBASIS PEDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis validitas modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi-akuntansi berbasis pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar; (2) menganalisis keefektifan modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi-akuntansi berbasis pendekatan saintifik sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar peserta olimpiade sains nasional di SMAN 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Tempat penelitian di SMAN 1 Karanganyar dan waktu penelitian bulan Juli sampai Agustus 2017. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar respon, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi dan calon peserta olimpiade sains nasional ekonomi. Teknik analisis data menggunakan t-test yang terdiri dari Paired Samples T test dan Independent Samples T Test dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi-akuntansi berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dengan perolehan hasil persentase kelayakan ahli materi 84%, ahli media 88%, praktisi 85%, uji coba subjek pengguna 83%, dan uji coba lapangan 84%; (2) modul persiapan olimpiade sains nasional ekonomi-akuntansi berbasis pendekatan saintifik efektif digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar calon peserta olimpiade sains nasional ekonomi. Hal tersebut didasarkan pada hasil Paired Samples T Test dimana nilai t hitung = 8, 638 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 dan Independent Samples T Test dimana nilai t hitung = 9, 443 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05. Rata-rata tingkat kemandirian belajar siswa kelas eksperimen sebesar 106,8 dan rata-rata tingkat kemandirian belajar siswa kelas kontrol sebesar 75,0. Implikasi dari penelitian ini terdiri atas implikasi teoritis dan implikasi praktis. Kata Kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran akuntansi, olimpiade sains nasional, modul, kemandirian belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 08 Nov 2018 00:05
    Last Modified: 08 Nov 2018 00:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42303

    Actions (login required)

    View Item