PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PRIHASTOTO, RAHARDIAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (640Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rahardian Prihastoto. K3311064. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TERAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa ingin tahu dan (2) prestasi belajar (sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan) siswa pada materi kesetimbangan kimia dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (aspek pengetahuan 47,06% pada siklus I menjadi 79% pada siklus II) pada materi kesetimbangan kimia. Rasa ingin tahu siswa telah tercapai pada siklus I dengan persentase sebesar 73,00%. Dari aspek sikap sosial mencapai target, yaitu dengan persentase 81,81% pada siklus I. Pada aspek keterampilan mencapai 94,12%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan: (1) rasa ingin tahu dan (2) prestasi belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, learning cycle 5E, rasa ingin tahu, prestasi belajar, kesetimbangan kimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 02 Nov 2018 12:34
    Last Modified: 02 Nov 2018 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42293

    Actions (login required)

    View Item