PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PUTRA, RISUMA PRATAMA (2018) PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (418Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Risuma Pratama Putra. K7412196. Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2018. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar kearsipan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Wikarya Karanganyar melalui pemberian Reward dan Punishment. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kearsipan. Peningkatan terjadi pada siklus I sebesar 66,89% pada motivasi belajar dan 62,16% pada prestasi belajar, walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan motivasi dan prestasi belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi yaitu 87,39% pada motivasi belajar dan 89,18% pada prestasi belajar. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kearsipan kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar. Kata Kunci: Reward dan Punishment, motivasi belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 02 Nov 2018 12:04
    Last Modified: 02 Nov 2018 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42281

    Actions (login required)

    View Item