Analisis Margin Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Karanganyar

YULIANTI, DEWI (2018) Analisis Margin Pemasaran Ayam Pedaging di Kabupaten Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (17Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, biaya, keuntungan, margin danefisiensi pemasaran ayam pedaging di Kabupaten Karanganyar. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode penentuan lokasi dilakukan dengan purposive atau sengaja, yaitu Kabupaten Karanganyar.Jenis data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder.Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 (enam) saluran pemasaran ayam pedaging di Kabupaten Karanganyar. Saluran I: Peternak-Mitra-Broker-Pedagang besar-Pedagang ecer-Konsumen, saluran II: Peternak-Mitra-Broker-Pedagang Besar-Konsumen, saluran III: Peternak-Mitra-Broker-Pedagang Ecer-Konsumen, saluran IV: Peternak-Mitra-Broker-Pedagang Besar -Konsumen Luar Kota, saluran V: Peternak-Mitra-Broker-Konsumen Luar Kota dan saluran VI: Peternak-Mitra-RPA-Konsumen Luar Kota. Keseluruhan dari saluran pemasaran ayam pedaging di Kabupaten Karanganyar adalah saluran pemasaran yang efisien secara ekonomi.Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran V karena presentase margin pemasaran paling rendah yaitu 13,75% dan nilai farmer’s sharetertinggi yaitu 86,2%. Saran dalam penelitian ini yaitu sebaiknya lembaga pemasaran yang terlibat tidak mengambil keuntungan yang terlalu tinggi, pembagian dilakukan secara adil bagi setiap lembaga pemasaran yang terlibat. Kata Kunci: Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ayam Pedaging

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 14:24
    Last Modified: 25 Oct 2018 14:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42277

    Actions (login required)

    View Item