Pengaruh Penerapan Media Augmented Reality ECO-AR 1-3 Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Environmental Ethic

ZANINDITA, CORNELIA (2018) Pengaruh Penerapan Media Augmented Reality ECO-AR 1-3 Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Environmental Ethic. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media Augmented Reality ECO AR 1-3 terhadap peningkatan pemahaman konsep environmental ethic. Penelitian ini termasuk dalam penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 dan XI MIPA 7 yang masing-masing terdiri terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan post only group design. Data diperoleh dari angket NEP dan post test. Pengumpulan data dengan tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Prosedur penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan, pengolahan data dan penyelesaian. Uji validitas dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 21. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan non-paired samples t test dengan taraf signifikansi 5%. Media Augmented Reality ECO-AR 1-3 yang berbasis Discovery Learning dengan menggunakan uji non-paired sample t-test memiliki hasil signifikansi pada aspek knowledge dan attitude yang kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak. H0 ditolak menunjukkan adanya perbedaan keefektivan antara hasil angket literasi lingkungan dari subjek kelas XI MIPA 7 dengan kelas X MIPA 2. Hasil peneltian menunjukkan terjadi peningkatan pada aspek anti-anthropocentrism dan hasil tertinggi pada aspek limit to growth. Kata kunci: media Augmented Reality ECO-AR 1-3, literasi lingkungan, konsep environmental ethic.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 14:16
    Last Modified: 25 Oct 2018 14:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42276

    Actions (login required)

    View Item