PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DAN TULISAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X MIPA 3 DI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

PERMATA, BELLA MAWAR (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DAN TULISAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X MIPA 3 DI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bella Mawar Permata. K4314014. PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DAN TULISAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X MIPA 3 DI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa melalui penerapan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran biologi melalui penerapan model PBL sebagai tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian meliputi: keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa, keterlaksanaan sintaks, serta dokumentasi pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif komparatif dan alnalisis kritis. Prosedur penelitian meliputi: perencaranaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari Pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II hasil peningkatan rata-rata keterampilan komunikasi lisan (Pra-siklus/ Siklus I/ Siklus II) sebesar (30,81%/ 54,6%/ 63,7) dan keterampilan komunikasi tulisan (29,22%/ 62,01%/ 68,06%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan keterampilan komunikasi lisan sebesar 32,89% dan tulisan sebesar 38,84%. Kata kunci : komunikasi lisan, komunikasi tulisan, model PBL

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 13:57
    Last Modified: 25 Oct 2018 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42272

    Actions (login required)

    View Item