PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STIMULATING HIGHER ORDER THINKING SKILL (STIM-HOTS) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII MIPA

SAPUTRI, ARNITA CAHYA (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STIMULATING HIGHER ORDER THINKING SKILL (STIM-HOTS) UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII MIPA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis karakteristik modul berbasis Stimulating Higher Order Thinking Skill (Stim-HOTs) untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme sel kelas XII MIPA di SMA Negeri 3 Surakarta; 2) menguji kelayakan modul berbasis Stim-HOTs untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme sel kelas XII MIPA di SMA Negeri 3 Surakarta; 3) menguji keefektifan modul berbasis Stim-HOTs untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi metabolisme sel kelas XII MIPA di SMA Negeri 3 Surakarta. Modul berbasis Stim-HOTs dikembangkan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall sebagai kerangka utama penelitian yang dimodifikasi menjadi 9 tahap meliputi: 1) penelitian pendahuluan & pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan permulaan, 5) revisi produk pertama, 6) uji lapangan terbatas, 7) revisi produk kedua, 8) uji lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Pengembangan produk awal modul dilakukan dengan menggunakan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan meliputi analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Uji keefektifan terhadap modul hasil pengembangan dilakukan dengan menggunakan uji statistika berupa uji independent sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) modul berbasis Stim-HOTs pada materi metabolisme sel telah berhasil dikembangkan dengan karakteristik yaitu a) modul disusun berdasar sintaks model Stim-HOTs yang terdiri dari tahap orientasi, bertanya, eksplorasi informasi, diskusi, eksplanasi, dan refleksi diri serta diintegrasikan dengan aspek keterampilan berpikir kritis yang meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, kesimpulan, penjelasan, dan pengaturan diri, b) modul dikembangkan dalam bentuk modul cetak untuk guru dan untuk siswa, c) modul dikembangkan sesuai kurikulum 2013 revisi 2017 untuk kelas 12 MIPA, 2) modul berbasis Stim-HOTs pada materi metabolisme sel layak digunakan untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan kualifikasi sangat baik berdasar hasil validasi ahli pada materi, desain pengembangan modul, perangkat pembelajaran dan evaluasi serta bahasa dan didukung dengan hasil uji kelompok kecil pada siswa dan guru biologi yang menyatakan bahwa modul mudah untuk digunakan sehingga layak untuk diimplementasikan dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis, 3) modul berbasis Stim-HOTs pada materi metabolisme sel efektif dalam memberdayakan keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji independent sample t-test dan hasil uji effect size dalam kriteria besar. Kata Kunci : modul, stimulating higher order thinking skill, keterampilan berpikir kritis, metabolisme sel

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 12:59
    Last Modified: 25 Oct 2018 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42270

    Actions (login required)

    View Item