PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN PERSEPSI KOMPETENSI GURU PRAJABATAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS

PARWATI, ANGGUN (2018) PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN PERSEPSI KOMPETENSI GURU PRAJABATAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Anggun Parwati. K7414004. PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI DAN PERSEPSI KOMPETENSI GURU PRAJABATAN TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UNS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Berdasarkan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, mewajibkan setiap guru untuk memiliki beberapa kriteria di antaranya yaitu sertifikat pendidik yang diperoleh melalui program sertifikasi dan kompetensi sebagai agen pembelajaran. Dengan melihat kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi guru tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh program sertifikasi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 2) pengaruh persepsi kompetensi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; dan 3) pengaruh program sertifikasi dan persepsi kompetensi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2014-2016 sebanyak 180, kemudian diambil sampel sejumlah 124 dengan menggunakan teknik pengambilan proportional stratified random sampling. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara program sertifikasi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kompetensi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara program sertifikasi dan persepsi kompetensi guru prajabatan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Kata Kunci : kompetensi guru, guru prajabatan, minat mahasiswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 12:46
    Last Modified: 25 Oct 2018 12:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42266

    Actions (login required)

    View Item