Penerapan Teknik Instruksional Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep Bryophyta dengan Peta Konsep

D, AKTA WAHYU KUMALA (2018) Penerapan Teknik Instruksional Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan dan Menghubungkan Konsep Bryophyta dengan Peta Konsep. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep Bryophyta peserta didik dengan peta konsep melalui penerapan teknik instruksional pertanyaan guru pada pembelajaran berbasis proyek. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas X SMA. Prosedur penelitian meliputi: perencanaan untuk menyusun RPP dan kelengkapannya, pelaksanaan pada aktivitas tindakan, observasi untuk menghitung skor peta konsep dan refleksi untuk tindakan selanjutnya. Uji validitas dengan metode triangulasi, meliputi: verifikasi kesesuaian skor dan dokumentasi berdasarkan expert peta konsep serta wawancara untuk merepresentasikan penguasaan konsep. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, meliputi: reduksi dilakukan untuk memilih kelengkapan data peta konsep, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan data peta konsep yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan skor total peta konsep secara umum pada prasiklus diperoleh rata-rata 11,38%, sementara siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 25,05% dan 27,69%, namun setiap komponen peta konsep mengalami penurunan dan peningkatan skor yang bervasiasi pada setiap siklusnya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik instruksional pertanyaan guru pada pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep Bryophyta dengan peta konsep.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 25 Oct 2018 12:27
    Last Modified: 25 Oct 2018 12:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42262

    Actions (login required)

    View Item