Hubungan Sikap Ilmiah dan Motivasi Berprestasi dengan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Kimia

PUTRI, AYU ANEKE (2018) Hubungan Sikap Ilmiah dan Motivasi Berprestasi dengan Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Kimia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (692Kb)

    Abstract

    Ayu Aneke Putri. K3311009. HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN KIMIA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap ilmiah dan persepsi terhadap mata pelajaran kimia, (2) mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap mata pelajaran kimia, dan (3) mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap ilmiah dan motivasi berprestasi dengan persepsi terhadap mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang dilaksanakan di SMAN 1 Ngemplak tahun ajaran 2017/2018 dengan kelas X IPA 1 sebagai sampel dari total 10 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara memberikan angket sikap ilmiah, motivasi berprestasi dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi dan Korelasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap ilmiah dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan rhitung =0,956 > rtabel =0,361, (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan rhitung = 0,895 > rtabel = 0,361, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara sikap ilmiah dan motivasi berprestasi dengan persepsi siswa terhadap mata pelajaran kimia dengan harga Fhitung = 27,5 > Ftabel = 5,49. Besarnya sumbangan relatif dan efektif sikap ilmiah terhadap persepsi siswa dalam mata pelajaran kimia adalah 99,31% dan 90,22%, sedangkan besarnya sumbangan relatif dan efektif motivasi berprestasi terhadap persepsi siswa dalam mata pelajaran kimia adalah 0,69% dan 0,63%. Kata kunci : Sikap Ilmiah, Motivasi Berprestasi, Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Kimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 21 Sep 2018 10:47
    Last Modified: 21 Sep 2018 10:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42242

    Actions (login required)

    View Item