Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi dalam Pembelajaran Membaca Puisi (Studi Kasus di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar)

SARI, NOFI DIAN (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi dalam Pembelajaran Membaca Puisi (Studi Kasus di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (815Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi dalam pembelajaran membaca puisi; (2) perencanaan pembelajaran; (3) pelaksanaan pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) hambatan dalam proses pembelajaran; dan (6) upaya untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X IPS 1 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sumber data meliputi peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data terdiri dari triangulasi sumber data, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data yaitu model analisis interaktif (interactive model of analysis). Hasil penelitian ini meliputi: (1) persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada pembelajaran membaca puisi sudah baik; (2) perencanaan pembelajaran disusun sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016; (3) pelaksanaan pembelajaran membaca puisi berjalan dengan cukup baik; (4) penilaian pembelajaran belum dilakukan secara efektif; (5) hambatan berupa: (a) waktu tatap muka pembelajaran di semester 2 yang terbatas; (b) pelaksanaan penilaian pembelajaran yang kurang efektif; (c) tidak semua siswa memiliki bakat membaca puisi dan siswa sulit menemukan suasana puisi; (d) subjektivitas dalam menilai pembelajaran sastra; (6) upaya berupa: (a) pemberian tugas secara terstruktur maupun tak terstruktur; (b) penggunaan tugas secara diskusi kelompok agar penilaian membaca puisi tetap bisa dilaksanakan secara keseluruhan; (c) siswa diharuskan untuk sering melihat referensi penampilan membaca puisi dari youtube; d) pembuatan kriteria penilaian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 20 Sep 2018 12:34
    Last Modified: 20 Sep 2018 12:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42233

    Actions (login required)

    View Item