HUBUNGAN DEBU LINGKUNGAN KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA BAGIAN WORKSHOP PT ROSALIA INDAH TRANSPORT KARANGANYAR

Purnomo, Muhammad Teguh Dian (2018) HUBUNGAN DEBU LINGKUNGAN KERJA DAN MASA KERJA DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA BAGIAN WORKSHOP PT ROSALIA INDAH TRANSPORT KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (784Kb)

    Abstract

    Muhammad Teguh Dian Purnomo, R0214066, 2018. Hubungan Debu Lingkungan Kerja dan Masa Kerja dengan Kapasitas Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang : Salah satu penyakit akibat kerja yaitu penyakit paru yang timbul karena hubungan kerja antara pekerja dengan lingkungan. Adapun aktivitas kerja di area workshop berupa perbaikan mesin, body repair, putty, painting dan finishing. Aktivitas tersebut dapat menimbulkan faktor risiko bahaya yang beragam, misalnya paparan debu lingkungan kerja. Paparan debu lingkungan kerja, dan masa kerja dapat menjadi faktor risiko terjadinya gangguan fungsi paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan debu lingkungan kerja dan masa kerja dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar. Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Populasi adalah tenaga kerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar berjumlah 65 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh sampel sebesar 40 orang. Penelitian ini menggunakan spirometer untuk mengetahui kapasitas fungsi paru, menggunakan Nephelometer Dust Monitor untuk mengukur kadar debu lingkungan kerja dan pengumpulan data karakteristik responden dengan melakukan pengukuran dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Spearman Rank Test serta Regresi Linier Berganda. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa debu lingkungan kerja memiliki hubungan yang signifikan terhadap kapasitas fungsi paru (p=0,0001), sedangkan untuk masa kerja (p=0,181) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kapasitas fungsi paru. Selanjutnya menggunakan uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa variabel debu lingkungan kerja memiliki risiko 4.6 kali lipat terhadap terjadinya penurunan kapasitas fungsi paru pada pekerja yang terpapar dengan nilai Exp. (B) = 4.638. Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kadar debu lingkungan kerja dan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop sedangkan untuk masa kerja tidak ada hubungan yang bermakna dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Keselamatan Kerja
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 20 Sep 2018 12:21
    Last Modified: 20 Sep 2018 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42230

    Actions (login required)

    View Item