PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PERBANDINGAN BERORIENTASI PADA ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KARANGMALANG SRAGEN

SARI, IRMA LUDYANA (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PERBANDINGAN BERORIENTASI PADA ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI KARANGMALANG SRAGEN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1024Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Irma Ludyana Sari. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Perbandingan Berorientasi pada Adversity Quotient siswa kelas VIII SMP negeri Karangmalang Sragen. Tesis. Pembimbing I: Dr. Riyadi, M.Si., Pembimping II: Dr. Imam Sujadi, M.Si.. Prgogram Studi Megister Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mendiskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik yang valid dan praktis (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa yang memiliki AQ climbers, campers, quiters, (4) pada masing-masing AQ, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik atau pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah Research and development. Pengembangan perangkat pembelajaarn dilakukan dengan model 4-D Thiagarajan yang terdiri atas define, design, dan develope. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKS, tes hasil belajar. Subyek ujicoba pada penelitian ini dilakukan dikelas VIII SMP Negeri karangmalang 1 dan SMP Negeri karangmalang 2 tahun pelajaran 2016/2017. Kepraktisan perangkat dinilai menggunakan lembar angket respon siswa, aktivitas siswa, dan keterlaksanaan RPP. Keefektifan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, karena setelah di ujicobakan diperoleh hasil:1) adanya respon positif dari siswa, 2)aktivitas siswa berkategori baik, 3) keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran berkategori baik. Pembelajaran efektif karena hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dan pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan AQ climbers memiliki prestasi belajar lebih baik dari pada siswa AQ campers dan AQ quiters. Sedangkan pada masing-masing AQ siswa, model pembelajaran penemuan terbimbing engan pendekatan saintifik mempunyai prestasi lebih baik dari pada pembelajan langsung. Kata Kunci : Penemuan Terbimbing, Pendekatan Saintifik, Adversity Quotient

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Sep 2018 14:48
    Last Modified: 18 Sep 2018 14:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42227

    Actions (login required)

    View Item