PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII C SMPN 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2017/2018

Nugroho, Galuh Joko (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII C SMPN 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (666Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Galuh Joko Nugroho. K4413033. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII C SMP N 3 KEBAKKRAMAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII C SMP N 3 Kebakkramat tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP N 3 Kebakkramat. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara tes, observasi, wawancara, analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kerjasama siswa kelas VIII C SMP N 3 Kebakkramat Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar observasi kerjasama siswa. Pada tahap pratindakan angka rata-rata persentase pencapaian indikator kerjasama siswa hanya sebesar 63,76%. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,8% dan pada tahap siklus II menjadi 77,9%. Pencapaian tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ≥75%; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kognitif siswa. Pada tahap pratindakan yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM=75) sebanyak 17 siswa atau sebesar 53,13%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 65,63% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 25 siswa atau sebesar 78,13%. Pencapaian tersebut telah melampaui target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar ≥75%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII C SMP N 3 Kebakkramat tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : Picture and Picture, kerjasama, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Sep 2018 14:43
    Last Modified: 18 Sep 2018 14:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42226

    Actions (login required)

    View Item