Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Catatan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pembelajaran Kimia Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X MIPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Umah, Bella Seba Sirojul (2018) Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Catatan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Pembelajaran Kimia Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X MIPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (452Kb)

    Abstract

    Bella Seba Sirojul Umah. K3314008. PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI KELAS X MIPA 2 SMA AL-ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi reaksi reduksi oksidasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Al-Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa pada materi reaksi reduksi dan oksidasi di SMA Al-Islam1 Surakarta. Hal ini dapat di lihat dari peningkatan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa pada siklus I dan II. Persentase kemampuan berpikir logis siswa dengan kriteria minimal formal (skor 4) pada siklus I adalah sebesar 55%, dan meningkat pada siklus II menjadi 91%. Persentase prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I adalah sebesar 33.33%, dan meningkat pada siklus II menjadi 67%, persentase aspek sikap (spiritual, percaya diri, gotong royong, disiplin, dan toleransi) pada siklus I adalah sebesar 97% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%, untuk aspek keterampilan presentasi hasil diskusi persentase pada siklus I adalah sebesar 81% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Catatan Terbimbing, Kemampuan Berpikir Logis, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Sep 2018 14:11
    Last Modified: 18 Sep 2018 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42222

    Actions (login required)

    View Item