Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Perbankan di SMK Negeri 3 Sukoharjo

K, AFRILIA KHUSNUAFRILIA KHUSNUL (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Perbankan di SMK Negeri 3 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (582Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Afrilia Khusnul Khotimah. K7413005. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIK PERBANKAN DI SMK NEGERI 3 SUKOHARJO. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Mei2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran praktik perbankan di SMK Negeri 3 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tujuh tahap, yaitu 1) penelitian dan pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba produk awal, 5) revisi produk awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi tahap kedua. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlian Akuntansi. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel sejumlah 13 siswa kelas X.A bidang keahlian Akuntansi. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru dalam pengembangan produk, dokumentasi untuk mengetahui proses kegiatan praktik yang dilaksanakan, dan angket untuk menguji kelayakan produk dari para ahli serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kelayakan produk. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif kualitatif dan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan bahwa modul pembelajaran praktik perbankan yang dikembangkan layak digunakan sebagai panduan kegiatan praktik perbankan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian kelayakan produk dari ahli materi, penilaian kelayakan dari ahli media, dan penilaian kelayakan dari ahli praktisi yang masing-masing menunjukkan 76,16%, 79,20%, dan 78,47% dari kriteria yang ditetapkan 100%. Hasil penelitian juga diperoleh dari tanggapan siswa melalui uji perorangan dan uji coba pada kelompok kecil. Hasil uji coba perorangan dan uji coba pada kelompok kecil masing-masing menunjukkan 83,11% dan 86,86% dari kriteria yang ditetapkan 100%. Kata kunci: pengembangan, modul, praktik perbankan, kelayakan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Sep 2018 13:57
    Last Modified: 18 Sep 2018 13:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42220

    Actions (login required)

    View Item