Analisis Struktur Cerita dan Nilai Kepahlawanan dalam Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar dan Relevansinya dengan Materi Pengajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama

PUSPITASARI, DITA (2018) Analisis Struktur Cerita dan Nilai Kepahlawanan dalam Cerita Rakyat di Kabupaten Karanganyar dan Relevansinya dengan Materi Pengajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (714Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) struktur instrinsik dalam cerita rakyat, 2) nilai kepahlawanan dalam cerita rakyat, dan 3) mengetahui relevansinya dengan materi pengajaran sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sumber data adalah dokumen cerita rakyat, tempat dan peninggalan budaya, dan informan. Cerita rakyat yang digunakan antara lain Asal Mula Nama Karanganyar, Perjuangan Raden Mas Said, dan Joko Songo. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu analisis dokumen dan wawancara. Teknik validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian antara lain: 1) struktur instrinsik yang terdapat pada cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan amanat; 2) terdapat 15 nilai kepahlawanan yang terkandung dalam cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar; 3) cerita rakyat di Kabupaten Karanganyar relevan dengan pengajaran sastra di SMP. Kata kunci: struktur instrinsik, nilai kepahlawanan, materi pengajaran, dan cerita rakyat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 17 Sep 2018 14:00
    Last Modified: 17 Sep 2018 14:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42217

    Actions (login required)

    View Item