EFEKTIVITAS METODE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi)

UTOMO, BUDI (2018) EFEKTIVITAS METODE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1020Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Budi Utomo. K5411012. EFEKTIVITAS METODE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015 (Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi). Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Efektivitas pembelajaran antara metode TGT, metode NHT dan metode ceramah terhadap minat dan hasil belajar, 2) Efektivitas pembelajaran antara metode TGT dengan metode ceramah terhadap minat dan hasil belajar, 3) Efektivitas pembelajaran antara metode NHT dengan metode ceramah terhadap minat dan hasil belajar, 4) Efektivitas pembelajaran antara metode TGT dengan metode NHT terhadap minat dan hasil belajar Geografi pada kompetensi dasar “Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Muka Bumi” siswa kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Pretest-Posttest Only With Nonequivalent Group Design). Sampel penelitian adalah siswa kelas X-9 sebagai kelas eksperimen 1, kelas X-2 sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Satu Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhitungan anava satu jalan minat belajar Fhitung 16.486 lebih besar dari Ftabel 2.84 dan perhitungan anava satu jalan hasil belajar Fhitung 13.343 lebih besar dari Ftabel 2.84, sehingga dapat disimpulkan metode TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode NHT dan metode ceramah, 2) Perhitungan anava satu jalan minat belajar Fhitung 23.503 lebih besar dari Ftabel 2.84 dan perhitungan anava satu jalan hasil belajar Fhitung 5.331 lebih besar dari Ftabel 2.84, sehingga dapat disimpulkan metode TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah, 3) Perhitungan anava satu jalan minat belajar Fhitung 7.100 lebih besar dari Ftabel 2.84 dan perhitungan anava satu jalan hasil belajar Fhitung 3.578 lebih besar dari Ftabel 2.84, sehingga dapat disimpulkan metode NHT lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah, dan 4) Perhitungan anava satu jalan minat belajar Fhitung 4.738 lebih besar dari Ftabel 2.84 dan perhitungan anava satu jalan hasil belajar Fhitung 4.952 lebih besar dari Ftabel 2.84, sehingga dapat disimpulkan metode TGT lebih efektif dibandingkan dengan metode NHT. Kata kunci : Teams Games Turnaments (TGT), Numbered Heads Together (NHT), Minat Belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 17 Sep 2018 13:56
    Last Modified: 17 Sep 2018 13:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42216

    Actions (login required)

    View Item