implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel melalui pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018

PRADANA, ARISTI AMINNA DIAN (2018) implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel melalui pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aristi Aminna Dian Pradana. IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA DIFABEL DI SEKOLAH INKLUSI SMA MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman guru sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta mengenai nilai-nilai humanisme; 2) Perencanaan implementasi nilai-nilai humanisme dalam pembelajaran sejarah pada siswa difabel di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta; 3) Implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Guru sejarah mendapatkan pemahaman nilai-nilai humanisme untuk diimplementasikan kepada siswa difabel melalui pelatihan dari kepala sekolah, konsultasi dengan guru BK, dan komunikasi dengan orang tua siswa difabel. Pemahaman nilai-nilai humanisme guru sejarah di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta sesuai dengan indikator nilai-nilai humanisme yang meliputi: nilai demokratis, nilai toleransi, nilai apresiatif, serta nilai semangat pantang menyerah. Pemahaman tersebut didasarkan pada sila kedua Pancasila, sabda Rasulullah SAW, prinsip pemberian ruang bagi kreativitas siswa, serta semangat menghapus stigma negatif tentang anak difabel. (2) Implementasi nilai-nilai humanisme pada tahap perencanaan tidak dituliskan secara eksplisit media dan metode untuk menangani siswa difabel dalam RPP, namun dalam implementasi di kelas guru melakukan improvisasi pengajaran. (3) Pada tahap pelaksanaan di kelas, implementasi dilakukan melalui aspek kognitif, afektif, serta psikomotor. Pada tahap evaluasi, implementasi dilakukan berdasarkan kebijakan kurikulum modifikasi secara kualitatif dengan menitikberatkan aspek afektif dan psikomotor perilaku siswa difabel di kelas. Implementasi nilai-nilai humanisme pada siswa difabel mengalami kendala seperti kondisi kesehatan siswa difabel yang sewaktu-waktu dapat berubah, kondisi emosi siswa difabel yang lebih mudah tersinggung, serta kondisi sarana prasarana sekolah. Kata kunci: humanisme, difabel, pembelajaran sejarah, sekolah inklusi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 17 Sep 2018 13:51
    Last Modified: 17 Sep 2018 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42214

    Actions (login required)

    View Item