Strategi Pengembangan Pariwisata Kampoeng Batik Laweyan

S, YOSSINA PUTRI H (2018) Strategi Pengembangan Pariwisata Kampoeng Batik Laweyan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (805Kb)

    Abstract

    Pariwisata kini menjadi salah satu prioritas nasional Indonesia, pariwisata merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat. Pengembangan pariwisata dilakukan disetiap daerah berpotensi di Indonesia, Solo menjadi salah satu kota yang melakukan pengembangan pariwisata. Kampoeng Batik Laweyan merupakan salah satu wisata unggulan dari Solo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam pengembangan pariwisata di Kampoeng Batik Laweyan. Penulis mengkaji berdasarkan peningkatan dan pengembangan produk, promosi, kerjasama dalam hal pemasaran, meningkatkan sarana dan prasarana serta membentuk kelompok sadar pariwisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini antara lain sumber data primer dan sekunder. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitupurposive sampling.Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Kemudian, teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan dalam pengembangan pariwisata Kampoeng Batik Laweyan adalah strategi intensif dan dictintive competence. Strategi pengembangan pariwisata Kampoeng Batik Laweyan berfokus pada pengembangan produk, perluasan pasar dan pemanfaatan sumber daya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 15:00
    Last Modified: 14 Sep 2018 15:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42200

    Actions (login required)

    View Item