PEMANFAATAN PINTU SECURITY GATE BERBASIS RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) SEBAGAI SISTEM KEAMANAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

W, YASHINTA ENDAH K (2018) PEMANFAATAN PINTU SECURITY GATE BERBASIS RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) SEBAGAI SISTEM KEAMANAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (608Kb)

    Abstract

    Yashinta Endah Kusuma Wardani. D1815133. PEMANFAATAN PINTU SECURITY GATE BERBASIS RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) SEBAGAI SISTEM KEAMANAN BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Tugas Akhir : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2018. Security gate merupakan alat elektronik yang dapat mengidentifikasi objek atau buku dengan menggunakan gelombang radio atau RFID (Radio Frequency Identification) sebagai sistem keamanan bahan pustaka di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manfaat penggunaan sistem keamanan security gate; (2) proses identifikasi sistem keamanan security gate; (3) kelemahan dan kelebihan security gate; (4) kendala dalam penggunaan security gate; dan (5) solusi untuk mengatasi kendala dalam penggunaan security gate. Metode yang digunakan adalah : (1) wawancara dengan penanggungjawab sistem keamanan security gate; (2) observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan; dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) security gate bermanfaat untuk memberikan keamanan terhadap bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan; (2) dengan memanfaatkan komponen yang ada di dalam security gate maka RFID reader dapat menerima sinyal RFID Chip yang ada di dalam bahan pustaka; (3) tidak dibutuhkan SDM yang banyak untuk mengontrol keluar dan masuknya buku akan tetapi dibutuhkan investasi yang mahal; (4) masa efektivitas RFID Chip yang tidak bertahan lama; (5) dibutuhkan strategi dalam pemasangan RFID Chip untuk memperlambat kerusakan. Kesimpulannya security gate memanfaatkan gelombang radio dengan jenis high frequency untuk mengidentifikasi bahan pustaka yang sudah diberi RFID Chip di dalamnya. Proses identifikasi tanpa diperlukan kontak langsung dengan ukuran pancar gelombang hanya 10 cm sampai 1 meter dan jarak gelombang 13,56 Mhz. RFID Chip yang memiliki semi konduktor akan menyimpan data bahan pustaka. Selain itu, RFID Chip memiliki saklar armed dan disarm yang bertugas untuk mengirim sinyal gelombang yang akan diterima oleh sistem keamanan security gate untuk diidentifikasi. Kata Kunci : RFID, Security Gate, sistem keamanan bahan pustaka, perpustakaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 14 Sep 2018 14:29
    Last Modified: 14 Sep 2018 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42193

    Actions (login required)

    View Item